Keunikan dan Karakter Khas Buah Durian
Gambar Buah Durian dengan berbagai jenis dan ukurannya

Keunikan dan Karakter Khas Buah Durian

Keunikan & Serba – Serbi Buah Durian 2021

Buah Durian adalah buah yang sangat fenomenal  pada wilayah atau kawasan asia tenggara khususnya Indonesia , saking fenomenalnya   tersebar sampai ke penghujung dunia dan banyak yang menjadi penjual buah durian dadakan ketika berada pada musim panen.

Baca juga : Keanekaragaman Hayati dan Karakteristik Pohon Durian

Selain itu, Buah Durian dapat menjadi beberapa olahan antara lain Sop Duren, Cake Duren, Es dan masih banyak lagi olahan dengan bahan baku dari buah tersebut.

ada beberapa hal unik yang perlu anda ketahui tentang keunikan Buah Durian tersebut diantaranya.

Masalah Bau Buah Durian

Wangi buah durian
Gambar.1 orang yang mencium wangi buah durian.

 

Alat Transportasi merupakan sesuatu hal yang tidak dapat kita hindarkan dalam sebuah kota yang memiliki tingkat tinggi kepadatan penduduk.  Pelarangan dalam dunia transportasi khususnya Pelarangan buah durian di dalam MRT Singapura.

Karena baunya yang keras menyengat dan cenderung busuk (bagi beberapa orang), sejumlah perusahaan dan maskapai penerbangan melarang orang membawa buah durian, misalnya pada kabin pesawat udara, pada kendaraan angkutan umum ataupun hotel.

Bagi penggemar durian, agar tidak menimbulkan hal-hal tak menyenangkan dengan orang yang tak menyukai bau durian, ada sebuah kepercayaan cara yang mudah untuk menghilangkan bau durian pada jari-jari tangan dan mulut.

Membersihkan Jari tangan dengan cara mengaduk-aduk air pada pangsa durian (yakni ceruk kulit buah bagian dalam, bekas tempat daging dan biji durian menempel) dan jangan membuang air adukan tersebut, berkumur dengan menggunakan air itu, dan hal ini sangat efektif.

 

Panen Buah Durian

"memanjat
Gambar. 2 orang sedang memanen Buah durian

 

Di Kabupaten Ketapang Kalbar panen durian setiap tahun muncul pada bulan Januari atau Februari. Untuk tahun 2006, di luar kebiasaan, buah selang (buah bukan musim) ternyata cukup banyak dihasilkan.

Meskipun panen kali ini tidak besar (karena buah selang) namun karena banyak lokasi kebun yang berbuah maka cukup banyak juga yang tersedia di pasaran. Panen terbesar kali ini datang dari tanaman masyarakat di Kecamatan Sukadana yang juga merupakan sentra produksi durian di Kab.  Ketapang.

Di kawasan ini selain dibudidayakan masih banyak buah durian yang tumbuh liar. Buah durian ini termasuk spesies endemik di Kabupaten Ketapang, beberapa jenis durian liar ada di kawasan kabupaten Ketapang. Jenisnya beraneka, seperti durian teratong, durian lahong, durian lei, durian tembranang.

Beberapa jenis durian tersebut meskipun tidak komersial, tetapi merupakan sumber gen plasma nuftah yang sangat berguna bagi pemulyaan. Nama ilmiah spesies liar cukup banyak antara lain durian burung, durian kura kura kura yang buahnya dipangkal batang atau di pangkal akar.

Durio kutejensis ( durian pekawai), Durio oxlevanus, Durio graveolens, dan Durio dulcis (lahong). Aneka jenis spesuies liar banyak terdapat di hutan dengan warna, bau dan bentuk yang beraneka. Karena banyaknya spesies di kawasan ini maka membuktikan bahwa Kabupaten Ketapang adalah salah satu tempat penyebaran durian. Para ahli kini sedang meneliti beberapa jenis varitas liar tersebut.

Memilih Buah Durian

"cara
Gambar.3 Pedagang Sedang memilih Buah Durian yang siap untuk di makan

 

Mencium bau durian sebelum membeli Daging buah durian lokal dengan warna orange atau merah umumnya lebih manis daripada warna kuning atau putih.Pedagang buah durian kemasan di Manhattan, Amerika serikat.

Setiap orang mempunyai caranya sendiri dalam memilih Kualitas terbaik. Masing-masing orang percaya bahwa cara pemilihannya dapat menghasilkan buah terbaik.

Durian adalah buah musiman yang dulunya dipanen sekali setahun. saat ini panen durian dapat terjadi hingga dua kali setahun. Hal ini meningkatkan persaingan antar para penjual eceran.

Memilih buah yang tepat amat penting apabila penjual menjual buah sebagaimana adanya, tanpa boleh dibuka. Sekarang penjual umumnya mau membuka buah untuk membuktikan isinya. Dengan cara ini, keahlian dalam memilih pun menjadi kurang penting.

Orang dapat memilih durian dengan mudah di kebun. Buah dari pohon yang sama umumnya mempunyai ciri-ciri yang serupa. Lazimnya buah di kebun dibiarkan masak dan jatuh dari pohonnya (“duren jatuhan”).

Pemilihan buah di luar kebun lebih rumit. Berikut ini adalah sebagian dari pedoman seleksi yang dapat menjadi acuan:

Buah Jatuh dari Pohon

Kesegaran buah dapat ditentukan dari tangkainya. Apabila buah telah jatuh dari pohon, tangkainya akan mulai mengering. Penjual yang tidak jujur akan mencoba untuk membalut atau mengecat tangkai untuk menghalangi pembeli mengenali kesegarannya. Penjual yang kurang pintar mungkin malah akan membuang tangkai durian.

Tekstur

Kebanyakan peminat menggemari yang kering dan matang. Sebuah cara mudah untuk mengetahui apakah isi durian itu kering tanpa membuka buah adalah dengan menggoncangkan buah dan merasakan getaran kecil. Isi durian yang lembap melekat pada kulit buah. Isi durian yang kering cenderung untuk berpisah dari  dinding buah. Orang mestilah berhati-hati agar tidak tergores oleh duri buah durian ketika melakukan ini.

Berlubang

Durian mungkin diserang oleh ulat perusak  yang bertelur di dalam buah yang berkembang menjadi larva. Ketika membeli buah durian pembeli harus menghindari buah yang berlubang pada kulitnyanya karena sering kali ini merupakan tanda adanya “ulat” di dalam buah.

 

Membelah Buah Durian

Membelah Buah Durian
Gambar. 4 orang sedang membelah buah durian.

 

Orang yang baru belajar membelah durian atau pemula sebaiknya membeli durian yang telah siap, karena membelah durian agak sukar. Biasanya kita dapat dengan mudah menemukan penjual yang memberi pelayanan membelah durian.

Bila pembeli sudah setuju untuk membelinya, penjual biasanya akan membelah durian sebagai pelayanannya.

Mereka bersedia melakukannya, meskipun mereka tidak memindahkan isinya ke dalam bungkusan lain. Namun buah durian yang sudah dibelah perlu segera dimakan karena cenderung untuk “berkeringat”. Bila isinya mulai menghasilkan air, buah durian akan kehilangan rasanya dan tidak banyak gunanya.

Orang dapat belajar membelah durian dengan hati-hati dengan peralatan yang biasa terdapat. Periksalah kulit luarnya untuk menemukan “garis” (kampuh) sepanjang permukaan di mana duri durian tersusun membentuk garis lurus.

Umumnya terdapat hingga 5 garis sepanjang permukaan.

Membelah Bagian tangkai durian harus dibalikkan dan garis urat durian akan bertemu pada satu titik di ujungnya. Pelan-pelan tusukkan benda tajam (pisau) pada titik ini, lalu goreskan sepanjang “garis” yang sudah terlihat sebelumnya.

memegangnya  dengan sebelah tangan menggunakanan Sarung tangan atau sehelai kain yang tebal , sementara tangan yang satunya untuk melakukan tugas ini. Waspadai risiko tertusuk duri durian.

Bila kulitnya telah terbuka menjadi dua bagian, isi di dalam telah siap untuk dimakan. selebihnya dapat membelah ruas dengan menggunakan telapak tangan dengan cara merobek ujung kulit durian sedikit pada sepanjang pusat titik tengah sebelumnya.

Panas

Menurut banyak cerita yang berkembang pada masyarakat (urban legend), banyak anggapan bahwa Durian sebagai makanan yang panas, dan sehabis makan durian biasanya tubuh akan keringetan .

ada beberapa Cara yang sudah umum untuk mengatasinya adalah dengan menuangkan air tawar pada bagian kulit buah yang telah kosong, lalu diminum.

musim durian  biasanya bersamaan dengan musim manggis, yaitu buah yang dapat mendinginkan badan menurut beberapa masyarakat. Dengan demikian, kedua buah kemudian dimakan bersama-sama.

Secara ilmiah, klaim-klaim tersebut tidak pernah terbukti. Kemungkinannya ialah karena kandungan nutrisi durian yang padat, orang yang makan durian sering makan kebanyakan sehingga akhirnya mengalami kenaikan Tekanan darah.

Hal tersebut merupakan reaksi yang alamiah jika terlalu banyak memakan makanan apapun.

Buah Durian tanpa duri

menjual Sebagian durian  “tanpa duri”.  Membuang Durinya tersebut ketika masih muda. Jadi tidak alami. Sebagian durian memang hampir tidak berduri karena durinya kurang dari 5 mm.

ada juga, beberapa varietas Durian gundul yang sempat Viral di lereng Rinjani tepatnya di Wilayah Nusa Tenggara Barat namun Hal ini masih dalam Proses penelitian.

Baca juga: Unik, Durian ini plontos Alias Gundul tanpa Duri Loh …

 

Semoga Artikel ini dapat bermanfaat

Berikut rekomendasi tempat Durian olahannya:

  1. Sop Duren Raden Shaleh 2 (Sop Duren Cibinong)
sop dure
Rekomendasi sop duren Raden Saleh cibinong

 

kembali hadir atau buka Salah satu cabang sop duren raden shaleh daerah cibinong, tempat ini salah satu rekomendasi jajan buat kamu yang tinggal daerah cibinong. yuk cobain sop Durian mimin jamin bakal beli deh.

ngintip-ngintip nih di Instagramnya jangan lupa di Follow ya.

Cabang 1. Jl. Raden Saleh No.4, Sukmajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16412

Cabang 2. Jln. raya Cikaret NO. 50 RT 05/RW 11 Cibinong, Kota Bogor.

 

Free Ongkir Untuk Pengiriman ke tempat Anda | Jual jenis Kayu Durian dengan jenis kaso, Balok, Papan Harga Murah

Harga Jenis Ukuran Kayu Durian Kaso, Balok, Papan dan Reng  | Pembayaran hanya ketika kayu tiba di tempat pembeli Cash On Delivery (COD) dan Untuk order perusahaan (Persero) kami juga menerima dan melayani pembayaran sistem penagihan atau dengan invoice.

Kontak Pembelian Kayu Durian Kaso, Papan, Reng dan Balok Harga Murah

 Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi, kami siap membantu

WA/Telp   0815-17222-333 / 0813-8001-9975

SocMed

Likes us on @Facebook

Follow us on @Instagram

Subscribe Like And Share @Youtube

Follow us on @Twitter

 

PD Usaha Bersama
Bandar Jual Kayu kaso, Papan, Balok, Reng | Dengan kayu kualitas terbaik dan sudah memiliki sertifikat dan legalitas dari pemerintah. Sehingga kayu yang kami miliki adalah kayu yang legalitasnya resmi.

Harga, Jenis, Ukuran, untuk Kayu Kaso, Balok, Papan dan Reng  Melayani pengiriman ke Seluruh Wilayah Indonesia, Khusus Untuk Wilayah Jawa dan Bali kami kasih Free Ongkos kirim.

Leave a Reply