1001 Inovasi Kayu Dolken Gelam
kayukaso.id | Harga Jenis Ukuran dan Jual kayu kaso Balok papan Reng Inovasi Arsitektur kayu gelam

1001 Inovasi Kayu Dolken Gelam

Inovasi Kayu Dolken Gelam Sebagai Kearifan Lokal terhadap Estetika Rumah Gaji Rendah Sektor Informal di Palembang

Kayu Dolken Gelam atau kayu Racuk biasanya digunakan sebagai penopang atau pondasi bangunan atau bahan pelengkap, Inovasi kayu dolken gelam saat terus berkembang dengan menghasilkan berbagai macam karya yang sangat luar biasa dan bernilai seni sangat tinggi tapi sangat jarang orang menggunakannya sebagai bahan utama dalam pembangunan atau arsitektur bangunan.

kayu dolken gelam ini hidup di Sebuah daerah atau wilayah yang notabene adalah lahan basah atau daerah rawa berumput dengan masa tanam dan tumbuh sekitar 5- 10 tahun dan kekuatannya dapat bertahan sampai 40 tahun lamanya dalam kondisi yang terendam.

Baca juga: Berbagai jenis dan Ukuran Kayu Dolken Gelam Beserta harganya pada tahun ini 2021

Pengembangan serta pelestarian dan pertumbuhan serta Inovasi kayu dolken gelam umumnya berada di wilayah Sulawesi tenggara dan Sumatra, Selain memberikan nilai secara ekonomis kayu dolken juga sangat bermanfaat dalam Model Bangunan Estetik dengan biaya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan rumah permanen dengan ketahanan jauh lebih kuat ketika terjadi bencana alam seperti gempa bumi sehingga masyarakat di tuntut untuk dapat ber inovasi kayu dolken gelam dan menghasilkan karya karya yang dapat bermanfaat untuk orang banyak khususnya masyarakat indonesia dala hal pembangunan Rumah Murah.

Sumber : Youtube

1. Kayu Dolken Gelam  Secara Fungsional

 

konstruksi dalam Inovasi kayu dolken gelam
kayukaso.id | Konstruksi Inovasi Arsitektur kayu gelam

 

Inovasi Kayu Dolken Gelam | Secara Fungsional, Kayu Gelam memiliki potensi untuk dikembangkan secara Fungi dalam bidang Struktur dan Konstruksi, maupun dikembangkan ke dalam sisi sebagai Fungsi Arsitektur tampilan bangunan dengan melakukan pengembangan, dan inovasi produksi dari Kayu Dolken Gelam, dengan melakukan disertivikasi penerapan olahan kayu gelam dalam dunia Konstruksi.

Inovasi Teknologi yang dimaksudkan adalah membuat Nilai Tambah dari sisi Manfaat yang lebih banyak dan lebih mengangkatnya secara nilai ekonomis.

Sehingga Kayu Gelam Tidak saja sebagai bahan pendukung konstruksi yang akan menjadikan kayu gelam kurang memiliki nilai jual, dan nilai manfaat.

Untuk mewujudkan harus dilakukan terobosan, Inovasi, baik secara teknologi maupun nilai ekonomisnya.

2. Kayu Dolken Gelam Secara Ekonomi

Inovasi Kayu Dolken Gelam | Dari Sisi Ekonomi, memiliki kenaikan nilai ekonomi, dan tingkat status kondisi Kayu Gelam yang semula hanya sebagai bahan konstruksi pendukung, dan dapat dikembangkan sebagai bahan penutup bangunan/untuk tampilan bangunan.

dalam hal ini tentunya yang akan berpengaruh terhadap meningkatnya Nilai Ekonomis dari kayu Gelam itu sendiri, dan Nilai Status Kayu Gelam dari bahan konstruksi Pendukung menjadi bahan konstruksi utama, sebagai Tampilan arsitektur.

Baca juga: Kelola Pohon Dolken Gelam Menguntungkan secara ekonomi

 

3. Kayu Dolken Gelam Aspek Keberlanjutan dan Ramah Lingkungan

Inovasi Kayu Dolken Gelam | Seperti yang sudah dijelaskan pada Tinjauan Pustaka, bahwasanya Kayu gelam merupakan tumbuhan yang banyak hidup di rawa, terutama banyak terdapat di Kalimantan dan Sumatera Selatan, khusunya Palembang.

Hasil dari beberapa observasi dan pengamatan, bahwa banyaknya bangunan/rumah tradisional menggunakan kayu sebagai bahan konstuksi maupun bahan arsitekturalnya. Dan Faktanya bahan kayu tersebut cukup lama dan tahan terhadap cuaca tropis.

Demikian juga rumah rumah masyarakat yang mereka bangun secara mandiri untuk merek masyarakat berpenghasilan rendah, juga menggunakan kayu sebagai bahan konstruksi, tidak ketinggalan juga kayu gelam, misalnya sebagai tiang tiang penyangganya.

Belajar dari masa lalu, yang berkaitan dengan membangun rumah yang ramah lingkungan, yang tahan terhadap Iklim, Cuaca dan kendala alam lainnya, maka Kayu Gelam menjadi salah satu kayu andalan untuk bahan konstruksi rumah rumah bagi masyarakat miskin perkotaan.

Hasil kajian di lapangan menunjukkan kemampuan ber adaptasi dengan lingkungan lebih baik rumah yang dibangun secara konvensional.

Dibandingkan dengan pembangunan rumah murah sebagai bagian dari pada Industri Konstruksi. Industri Konstruksi, dimana profit menjadi tujuan, dan tidak dapat menyentuh masyarakat Berpenghasilan Rendah utamanya mereka yang ada di dalam Sektor Informal.

rumah ramah lingkungan Inovasi kayu dolken gelam
kayukaso.id | Kearifan lokal antar rumah kampung, rumah murah dan rumah pengembang/developer
kearifan lokal dolken gelam
kayukaso.id | kearifan lokal dolken gelam rumah adat / Tradisional

 

Apabila Muatan lokal dimasukkan dalam proses perancangannya, tentu tidak akan terjadi pemaksaan bangunan pada lahan basah seperti yang ada di Sumatera Selatan ini. Untuk tidak mengulangi kegagalan pada proses Pengadaan seribu Rumah Murah bagi mayarakat tidak mampu, maka harus dilakukan pembenhan pada proses perancangannya.

Kegagalan beberapa proyek perumahan adalah, tidak memasukkannya aspek aspek Muatan Lokal, seperti faktor faktor sosial, budaya, geografi di beberpa wilayang di Indonesia, yang demikian beragamnya, sehingga rumah bukan lagi menjadi Ruang tempat dimana manusia hidup.

Hidup dalam artian hidup akan status ekonominya, juga hidup statua sosialnya, budayanya dalam menata dan mengelola fisik huniannya, sehingga menjadikan keluarga Pomah, betah, menyatu dengan tempat tinggalnya.

4. Peranan Estetika pada Tampilan Rumah Murah

Inovasi Kayu Dolken Gelam | Estetika dalam tampilan Arsitektur memiliki peranan yang sangat sentral. Hadirnya Estetika dalam suatu tampilan arsitektur akan memberikan banyak makna & karakter, menggambarkan rona wilayah, mewakili aspek kultural dan budaya suatu daerah dan merefleksikan geografi bentang alam.

Baca Juga : Fenomena Hutan dan Nilai Instrumental Kayu Dolken Gelam di Indonesia

Tampilan bangunan juga sangat dipengaruhi oleh gubahan ruang-ruangnya. Untuk melakukan kajian terhadap peranan Estetika dalam tampilan rumah murah ini, maka yang pertama kalo dilakukan justru melakukan kajian terhadap pola gubahan ruangnya, seberapa besar/keterkaiatan antara gubahan pola ruang dengan tampilan estetikanya.

tampilan bangunan Inovasi kayu dolken gelam
kayukaso.id | Estetika tampilan bangunan

 

Merupakan Sintesa hasil kajian yang merupakan sebab akibat interaksi yang terjadi antara pola ruang tampilan yang berpijak pada kearifan lokal.

Rancangan rumah murah kayu dolken gelam
kayukaso.id | komparasi tampilan rumah

 

Muatan Lokal ini yang akan memberikan perbedaan karakter, design bangunan Rumah Sederhanan Sehat, atau rumah murah, menjadi tidak murahan. Sehingga aspek psikologis memanusiakan manusia dapat terwakili di dalamnya.

Manusia yang menghunidi dalamnya menjadi tidak merasa asing di dalamnya. Dan dalam hal ini Pemerintah dalam hal ini sudah melakukan Klasifikasi prototipe rumah Muarah untuk masing masing wilayah, Propinsi di seluruh Indonesia.

pengembangan karya charles jenk 2
kayukaso.id | kajian estetik karya charles jenk
pengembangan karya charles jenk 2
kayukaso.id | kajian estetik karya charles jenk 2

 

pengembangan karya kisho kurokawa
kayukaso.id | kajian estetik karya Kisho kurokawa

 

KESIMPULAN

Hipotesa nya adalah akan melakukan bahan material Kayu Gelam untuk Rumah Murah. Dengan pertimbangan kayu gelam adalah cukup murah dan Sumatera Selatan merupakan salah satu penghasil gelam terbesar setelah Kalimantan.

Kayu gelam dalam industri konstruksi hanya sebagai material penunjang. Dalam penulisan makalah Inovasi Kayu Gelam sebagai Kearifan Lokal Untuk Estetika Rumah Murah bagi Sektor Informal di Palembang yang merupakan hasil penelitian ini.

mencoba untuk menjadikan kayu gelam sebagai material utama dalam pengadaan Rumah Murah, baik sebagai Struktur dan Konstruksi, maupun sebagai Tampilan dalam Arsitekturnya, sehingga akan terlihat tidak murahan walaupun statusnya sebagai rumah murah.

Pada tampilan arsitektur dari berbagai analisisnya kayu gelam dapat dimanfaatkan sebagai bagian dari Sistem Bangunan yang tidak saja menjadi bagian yang tidak ekonomis sebagai suporting konstrtruksi, tetapi dapat diberdayagunakan, dioptimalisasikan, untuk pengembangan fungsi lainnya sebagai bagian yang lebih representatif dan Inovativ, sebagai penutup bangunan.

Pada akhirnya akan memberikan warna, karakter pada bangunan, sekaligus memberikan sentuhan Estetika pada tampilan rumah murah, yang memiliki kesatuan garis dengan bangunan tradisional yang ada di sumatera seltan, khususnya Palembang, yang kesemua bangunan arsitektur tradisionalnya dari kayu.

Makalah Inovasi kayu gelam dalam konsep desain Rumah Murah untuk sektor informal di kota Palembang, akan memberikan alternatif design untuk Rumah Sederhana Sehat dan Murah, tetapi dengan melakukan proses perancangan yang berpijak pada Estetika dalam Tampilannya agar Desain Rumah Murah untuk masyarakat berpenghasilan rendah yang bekerja pada sektor informal di kota Palembang, tidak terlihat murahan.

Apa yang menjadi pertanyaan dalam permasalahan penelitian ini yaitu, Bagaimana Dalam Pengadaan rumah murah ini masyarakat, terutama bagi mereka Masyarakat Berpenghasilan Rendah khususnya mereka – mereka yang masuk dalam kategori penghasilannya dari Sektor Informal, dapat terpenuhi sudah terjawab dari hasil harga rumah yang sangat terjangkau.

Namun untuk masalah pembiayaan rumah ini khusunya bagi mereka mereka yang masuk dalam kategori masyarakat sektor informal ini karena sering kali terkendala oleh Sistem administrasi perbankan, tidak dapat terjangkau oleh subsidi pemerintah, karena tidak adanya Jaminan dari pihak–pihak penyandang dana, lembaga Keuangan, maupun Bank.

Hal ini dapat di atasi dengan Sistem masyarakat mengadakan yang disebut dengan Paguyuban atau komunitas, yang secara administrasinya resmi dan memiliki wadah Hukum yang Jelas dan Pasti, maka kendala yang terjadi selama ini yang selalu menjadi kendala bagi masyarakat miskin dan bekerja pada sektor informal bisa teratasi, sehingga dalam akses pembiayaan perumahan dapat direalisasikan.

Dari sisi Harga maka bangunan Rumah Murah dari Gelam ini memiliki daya saing yang cukup siknifikan jika dibandingkan dengan harga rumah dari batu bata. Persaingan tidak saja berhenti pada harga bangunan juga bersaing pada Tampilan bangunan yang lebih artistik, dan memiliki nilai estetika yang sudah teruji.

Sehingga Rumah Murah yang sering disebutkan kurang manusiawi, kurang Homy, kurang menjawab kebutuhan psikologis manusia yang menghuni di dalamnya.

Dalam pembangunan rumah selain menggunakanan kayu dolken gelam butuh ditunjang dengan perlengkapan lainnya diantaranya seperti material kayu kaso, balok papan dan reng.

Baca juga informasi tentang: Update Harga kayu kaso, Balok, papan, dan Reng 2021

Juga Untuk menekan harga atau biaya rumah lebih rendah selain bantuan akses pembiayaan perumahan, juga dalam proses pembangunannya dapat difungsikan atau dihidupkan adanya Sistem gotong royong yang bergilir, ini akan menekan biaya yang di alokasikan untuk tukang.

Dengan demikian Konsep MBR di Provinsi Sumatera Selatan, khususnya Kota Palembang, menyebutkan,.rumah untuk MBR diperuntukkan bagi masyarakat Keluarga/rumah tangga yang berpenghasilan tidak tetap atau informal, dengan target angsuran untuk kepemilikan rumah diperkirakan antara: lama angsuran Rp10.000 per hari, untuk yang sekarang diupayakan Rp15.000 per hari. Dapat direalisasikan.

Sumber : Makalah Program Studi universitas Sriwijaya Fakultas Teknik INOVASI KAYU GELAM SEBAGAI KEARIFAN LOKAL UNTUK ESTETIKA RUMAH MURAH BAGI SEKTOR INFORMAL PALEMBANG. 

talenta.usu

Kami  Menyediakan dan Menjual Kayu Dolken Gelam Harga dengan Murah Dengan kayu kualitas 
terbaik dan sudah memiliki sertifikat dari pemerintah. Sehingga kayu yang kami miliki 
adalah kayu yang legalitasnya resmi bergaransi.

COD sampai di tempat, Jika barang tidak sampai tidak perlu membayar. 
FREE ONGKIR untuk Wilayah Jawa dan Bali. Selengkapnya silahkan Hubungi 
ke Contact center yang tersedia.

Daftar Pustaka

Paper dalam jurnal

[1] Chariri, A. (2009) ―Landasan Filsafat dan Metode Penelitian Kualitatif‖, Paper disajikan pada Workshop Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Laboratorium Pengembangan

Akuntansi (LPA), Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang, 31 Juli – 1 Agustus 2009.

 

Buku

[2] Bagus, Lorens. (1996) ―Kamus Filsafat―. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jl. Palmerah Selatan 24 – 26, Jakarta 10270.

[3] Jencks, Charles. ―The Arsitekture Of The Jumping Universe, Academi editions, First Published in Great Britain in 1995.

[4] Kurokawa, Kisho. ― Intercultural Architecture The Philosophy Of Symbiosis ― Academy Editions. London .Published in Great Britain In 1991. An Imprint Of Academy Group Ltd, 7 Holland Street, London W8 4NA.

 [5] Muhadjir, Noeng, (1989) Metodologi Penelitian Kualitatif, Rake Sarasin,Yogyakarta.

[6] Nazir, Moh.:”Metode Penelitian”, Ghalia Indonesia, 1988.

 [7] Setyawan, Haryadi, (1995) Arsitektur Lingkungan dan Perilaku, Dirjen Dikti Depdikbud RI, Jakarta.

 [8] Trancik, Roger (1986) Finding Lost Space, Van Nostrand Reinhold Company, New York.

[9] Weisman, Gerald D, (1981) Modelling Environment and Behavior System,USA, Pensylvania.

[10] Wirawan S, Sarlito, (1992) Psikologi Lingkungan, Jakarta, PT Gramedia.

 

Artikel dari internet:

[11] Program Seribu Rumah Murah di Palembang, (2014) (http://palembangnews.com), di tanggal 27 Oktober 2016.

[12] Pengertian dan ciri-ciri sektor Informal, Maret 2015, (https://www.google.co.id/- http://globallavebookx.blogspot.co.id/ 2015/04/pengertian-dan-ciri-cirisektor.html).

[13] Menata Sektor Informal Perkotaan, 4 Januari 2010. (https://www.google.co.id/https://moha mmadwasil.wordpress.com/tag/sektorinformal/), 09 September 2016.

[14] Data jumlah Penduduk Miskin (juta orang), persentase penduduk miskin dan Garis Kemiskinan, (www.bps.go.id).

[15] Bahan Konstruksi alat pabrik (kayu), upload by Afif Prasetyo, 2015. (https://www.google.co.id,hmtsfst.ukm. unsoed.ac.id/files/2012/05/58288209- kayu)

 

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu.

Kontak Kayu Kaso, Papan, Reng dan Balok Harga Murah

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi, kami selalu siap melayani anda.

WA/Telp 0815-17222-333 / 0813-8001-9975

SocMed

Likes us on @Facebook

Follow us on @Instagram

Subscribe Like And Share @Youtube

Follow us on @Twitter

Free Ongkir Untuk Pengiriman ke tempat Anda | Jual Kayu kaso, Balok, Papan Harga Murah

Harga Jenis Ukuran Kayu Kaso, Balok, Papan dan Reng |Pembayaran hanya ketika kayu tiba di tempat pembeli Cash On Delivery (COD) dan Untuk order perusahaan (Persero) kami juga menerima dan melayani pembayaran sistem penagihan atau dengan invoice.

Melayani pengiriman ke Seluruh Wilayah Indonesia

FREE ONGKIR untuk Wilayah Jawa dan Bali:

JABODETABEK: DKI JAKARTA, BOGOR, TANGERANG, BEKASI , DEPOK, TANGERANG SELATAN, PANDEGLANG,SERANG BANTEN,

JAWA BARAT: BANDUNG, SUKABUMI, GARUT, CIANJUR , CIAMIS, CIMAHI, TASIKMALAYA,KERAWANG,KARAWANG, CIREBON, INDRAMAYU,

JAWA TIMUR: SURABAYA, JEMBER, MALANG, KEDIRI, MADIUN, PROBOLINGGO, MADURA ( BANGKALAN,SAMPANG, SUMENEP, PAMEKASAN ),

JAWA TENGAH: SEMARANG, TEGAL, YOGYAKARTA, PURWOKERTO, SOLO, CILACAP, SALATIGA, MAGELANG,PEKALONGAN,

BALI, NUSA TENGGARA: DENPASAR, SINGARAJA, MATARAM, KUPANG.

 

PD Usaha Bersama
Bandar Jual Kayu kaso, Papan, Balok, Reng Harga Murah | Dengan kayu kualitas terbaik dan sudah memiliki sertifikat dan legalitas dari pemerintah. Sehingga kayu yang kami miliki adalah kayu yang legalitasnya resmi.

 

 

Leave a Reply